Tag Archives: Indonesia

Bandung Tempo Doeloe : Foto-foto jadul euy!

Tulisan ini dibuat subuh, waktu menunjukkan pukul 3:55 wib dari sebuah kawasan perumahan padat penduduk di daerah Bandung Utara;

He..he..begitu tenang kota ini sewaktu subuh, kecuali mungkin di Pasar-pasar tradisional, jadi teringat punya foto-foto bandung jaman baheula alias tempo dulu; bukan apa2 sebelum pagi menjelang dan situasi jadi ramai dan macet seperti biasa, ini foto-foto buat mengenang tenangnya situasi kondisi aura kota Bandung jaman dulu, asik buat dilihat walaupun nggak pernah hidup dijaman itu…ya iya lahh…langsung aja cekidot beibeh…:

1). Gedung Sate, Bandung (tahun berapa ya; 1930 ?) sekarang jadi kantor pusat pemerintahan Gubernur/Provinsi Jawa Barat.

2). Gedung Savoy Homann (Thn? ); sekarang Hotel di jalan Asia Afrika, Bandung

3). Jalan Braga (thn?); sekarang tetap Jalan Braga, Bandung

4).Gedung Merdeka (thn?); sekarang masih gedung Merdeka/Asia Afrika berada di jalan Asia Afrika, Bandung.

5). Gedung Isola (thn?); sekarang ada di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), di jl. Setiabudi Bandung.

6). Gedung Station 1,2, Bandung (thn?); Station Kereta Bandung

7). Jalan Banceuy (thn?); sekarang Jl. Banceuy Bandung

8). Gedung Concordia (thn?)

9).Alun-alun Bandung(thn?)

10).ITB (Institut Teknologi Bandung)(thn?),  sekarang berada di Jl.Ganesha, Bandung.

11). Gereja St.Petrus (thn?)

12). Gedung SMAK Dago (thn?)

13). Gedung di Jalan Sabang? (thn?)

14). Jalan Ciliwung ?(thn?)

Begitu tenang ya, tapi sekarang 2012….ha haa jangan harap nggak ada macet; tiap tahun kendaraan baru semakin bertambah di jalanan, tapi kapasitas jalan lambat berkembang; ya iyalaaahhh macet….

Aneh juga ya, sebegitu bisa dan cepat orang2 beli kendaraan, yg motor atau mobil, bikin jalanan nambah, lambattt amaaaaaaat…perbaikan apa lagi…ditambah kualitas jalan…seringkali rusak dan berlubang euy…jelek benar kualitas jalan di Bandung ini…malah disekitar Gedung Sate pusat pemerintahan Jabar ada aja yg bolong-bolong…nggak ngerti kenapa bisa begitu… apa dana untuk jalan kurang ya…nggak ngerti ahh..klasik benar setiap pergantian entah gubernur atau walikota…nggak ngaruh tuh..emang perbaikan ada…tapii…waaauuuww…tiap tahun ada hujan juga cepat kali rusak lagi…Peradaban yg lambat, asli malu sebagai warga Bandung yg punya ITB, bikin jalan aja kayak gitu….jenis mobil udah kemana yg milyaran berkeliaran di jalanan; bangun jalan yg berkualitas aja nggak mampu. Eh..Ngomong-ngomong ada uang pajak ya..nggak tahu ah gelap.

Anyway…i always love Bandung euy! Keep Bandung Beautiful? Paling gampang bikin slogan emang….anak tk juga bisa..coba aja tuh di sekolah; Aku anak Sholeh!….tapi disuruh belajar susah…jawabnya “Ntar Bu kagok nih lagi lihat OVJ”…Watauuuw!!

Sudah ah…..wilujeng. Maafin ya kalo data2 fotonya kurang lengkap.

peace..

ganz


Hope Hope..on The Wall..Where are You YoungPeople?

Hiruk-pikuk negeriku…

Lihat di TV tentang situasi Indonesia..macam-macam persoalan;

Ekonomi, Politik, Agama, Kesehatan, Kesejahteraan, terlebih Korupsi dan Ketidakadilan..orang-orang jadi mudah marah ya..yang protes..yg menangis..yg digebukin..ada yg gantung diri..yg berdebat..yg ditabrak..yg dibunuh..yg dicekal..yg divonis..yg digusur..yg dibakar..kena bencana..iihh ngeri-ngeri..!!

Sungguh, jangan lagi ada yg mati di negeri ini sia-sia..karena: memang Kematian bukanlah sebuah Tragedi, tetapi Kematian menjadi sebuah tragedi atas apa yang menyebabkannya.

Tapi dibalik itu tetap ada tayangan entertainment..yang maunya menghibur…yg mencoba melucu..yg ngocol..yg ngegosip..yg ceramah?..yg nyanyi-nyanyi..yg ngelawak..yg tertawa-tawa..yg jingkrak-jingkrak..yg memasak..yg olahraga..yg sinetron, drama, film dll dll

Pendek kata Bla..bla..bla..cape dech!

Tapi, memang realitas hidup seperti itu ya, dari jaman doeloe kala juga manusia memang seperti itu kali ya, bahkan di kitab suci Al-Quran dalam suatu ayat tentang penciptaan manusia pertama Adam, Iblis /Syetan pun tahu kedepannya ttg karakter umat manusia yg diciptakan Tuhan bakal bersifat merusak. Namun Tuhan berkata lain karena memang Dia yg absolute Kehendaknya. Wallahu Alam..hanya Tuhan yg tahu sebenar-benarnya rencana..

Dipikir-pikir..tiap abad tiap jaman umat manusia melewati berbagai persoalan hidupnya sama seperti sekarang ini…pembunuhan..perebutan kekuasaan..dll. Hidup di dunia tidak pernah ada yg ideal 1000% tercipta kedamaian atau 1000% kesejahteraan dan keadilan, he..he..lalu dimana ujungnya? Berabad-abad bahkan berjuta-juta tahun kedepan juga pastilah demikian. Pembunuhan tetap ada, ketiadakadilan tetap ada, kata lain kejahatan juga tidak akan punah..alias lestari..tapi jangan pesimis karena sisi kebaikanpun tetap lestari.Intinya seperti sisi kebaikan dan kejahatan..good and evil..bergandeng lestari dari awal jaman sampai ke akhir jaman.

Bukan untuk menceramahi kawan..ini hanya mengajak kesadaran kita tinggal memposisikan diri berperan di sisi mana dan dimana. Kata Penyair Rendra: Kesadaran adalah matahari..dan Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata..Tapi, He..he..ya jelas dong kayaknya maunya pasti dipihak yg baik..in The Good side..not a Evil side.

Ok..kembali pada situasi negara kita, asli..akhir-akhir ini jadi cape dicekam oleh rasa ketidakadilan dimana-mana, terutama soal kasus hukum; yg kecil aja pengadilan tak mampu berbuat adil apalagi kasus yg besar? Sulit dipercaya negara kita sebenarnya dipimpin mereka-mereka yg sekolahnya tinggi-tinggi-tapi aduh ribetnya minta ampun ngatasi soal kesejahteraaan saja; contoh kecil-saja, kita tahu Pasal 34 UUD 45 pasal 1 menyebutkan: “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.” Apa kenyataaannya begitu? Sebagian aplikasi mungkin ia, tapi kebanyakan belum tuch…logika sehat kita; hapalan UUD 45 yg ditanamkan dari sejak SD itu jadi sakit ; wong tiap hari lewat di jalan banyak yg berkeliaran nggak keurus-jangan kata dikota kecil-di Jakarta aja masih banyak tuch …Hallooo…Hallooo…Negara Dimana? Presiden? Aduh jangan tanya yg satu ini..paling-paling bikin rapat,satgas, tim dll.. Ah…sudahlah jadi kesal..

Dimana Reformasi? Ngumpet dimana ya..dimana itu kaum Reformis, Aktifis, Kaum muda, The Brave Youngpeople? Are you afraid to fight ? Jangan-jangan lagi main di mall, nyari gadget baru yg lagi ngetrend, atau nyiapin gebukin anak sekolah lain, atau mikirin jadi pegawai yg asik gajinya buat nyicil motor atau mobil, atau asik jingkrak dugem musik dj aduhai,  atau asik nyabu ha..ha..hi..hihi..terus nyupir mobil buat cari sasaran tabrak! Aduh..jangan sampe dech ngikutin Gayus, Nazarudin, yg usia mudanya merangkap berkarier jadi koruptor..ato kayak Apriyani yg pake narkoba terus nyupir berakhir tragis nggak bisa bedain mana orang mana halte..kasihan..sungguh prihatin..Tapi, ada juga kok yg positif; juara olimpiade, juara itu juara ini.

REVOLUSI? Wataaaaawww…Where are You Young People? boro-boro mo mikir REVOLUSI, Reformasi aja lupa kayaknya tuch..

Ok, foto diatas buat mengingatkan aja..hebatnya kaum muda (he..he..padahal wktu itu aku baru berumur berapa bulan) ttg peristiwa reformasi 1998 yg jelas-jelas digawangi kaum muda.

Mending nyanyi sebentar ah..sambung menyambung; pertama jadi inget lirik lagunya Kang Harry Rusli/almarhum (ada yg tahu? atau nggak tahu?…aduh..):

“Indonesia Tanah Airku…Tanah Beli.. Air juga Beli…Negeri ini katanya negeri hukum…kok sayangnya rakyat kecil yg slalu di hukum..ini salah siapa..ini dosa siapa..tanyakan pada Pak….”

disambung lagunya Bondan P : “Ya sudahlah…”

terus lewat Syahrini dengan jambulnya nyanyi: ” Kamu memang sesuatu…”

Denny Cagur jawab : “Kok Tahu?

langsung dijawab Sule : Nyeri-nyeri-nyeri moal bisa diubaran…” (ini bhs.sunda yg artinya: Sakit-sakit-sakit nggak akan bisa diobati..)

Pada akhirnya, jadi inget juga ya Kata-kata dari JFK (presiden Amrik sana; tp ini bukan nyanyian):

“Jangan tanya apa yg negara telah berikan padamu, namun tanyalah apa yg telah engkau berikan pada negaramu”

saya bilang: “Jangan tanya kepada negara, karena negara tidak ada…”

Akhir cerita, lewat Si Anonymus dengan verbalnya dgn gaya anak SD (he..he..kayaknya Menkominfo kenal betul ini org;mungkin dianggapnya situs porno) langsung berpuisi :

“Mau Kemana Wahai Engkau Ibu Pertiwi…Kemana..Kemana?

Menuju Pulau Harapan yg lebih baik ?

Ananda Ikut Wahai Ibu..tapi…,

Tolong Jangan bawa kami Terbang dengan Pilot yg pakai Shabu-Shabu…!”

Sudah ah…jadi garing.

Sampe segitunya ya, nggak lah..itukan cuma bahasa simbolik. Anggap aja Stand Up Writer he.he..maunya sih Stand Up Comedian tapi kayaknya nggak ada bakat tuch…

Ok, kawan..sudahlah..selamat berjuang atas hidupmu di negara tercinta ini.

So.. Keep the goodside!

peace…

ganz


Indonesia: Country of The Untitled ?

Indonesia: Country of The Untitled ?

Saya benar-benar nggak tahu mengapa ngambil judul itu, keluar begitu saja…

tapi yg jelas saya lagi prihatin lihat kondisi negeri ini di tahun 2012..

dan, Aneh, saya belum bisa menulis normal juga..tapi malah bikin gambar lagi-ya sudahlah..just follow the heart;

I really love my country

Wait…

>>bersambung lagi…


INDONESIA…too much TALK will Kill You !

december, 2011

Indonesia…Indonesia…Indonesia…

I hate you but i love you…

Right or Wrong is my Country?

I don’t know.

( tribute to people of my country who died was no reason )

peace…

ganzz


“Semua Presiden Indonesia pada gila . . .”

Sekedar intermezzo kawan…

( Untuk memperingati Hari Korupsi Sedunia yg jatuh pd tgl 8 Desember, dan untuk Indonesia yg lebih baik; pusing juga ya…kasihan bangsa ini-ya sudah aku jadi ingat joke dari Gus Dur yg terusan joke nya saya tambahi  dan terilhami dari joke nya ini )

Ini cerita aku dapat dari gurauan Presiden kita yg terhormat KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur (Alm-Semoga Tuhan menyayanginya di alam sana) yang terkenal senang mengeluarkan joke-joke yg nyeleneh; (mohon maaf-atau tolong revisi kalau ada yg kurang, salah, atau menyinggung soalnya saya mengandalkan ingatan saya);

Ceritanya kurang lebih begini:

Pada suatu saat ketika Presiden Gus Dur berkunjung ke negara Kuba sana dan bertemu dengan sang pemimpin Kuba yg terkenal; Fidel Castro, di tengah percakapan empat mata, seperti biasa Gus Dur mulai melontarkan cerita lucunya pada Tuan Fidel Castro ini:

“Anda tahu, Tuan Castro ? Semua Presiden yg pernah memimpin Indonesia pada gila semua !”

Mungkin Castro bilang seperti ini :

” Wah..yang benar tuh, gila nya dimana ?”

Gus Dur menjawab :

” Lihat saja;

Presiden Indonesia yang pertama (Soekarno) itu gila perempuan; Presiden Indonesia yg kedua (Soeharto) itu gila kekuasaan ;Presiden Indonesia yg ketiga ( BJ.Habibie ) gila Technologi ; Nah ini dia Presiden yg keempat ( dirinya sendiri ), yg gila bukan presidennya tapi MPR nya , dia yg memilih dia juga yg turunin…ha..ha..ha..jadi yg gila siapa ya ?”

(Mungkin joke-nya sampai disitu karena waktu itu Gus Dur belum berpendapat soal Presiden Megawati dan Susilo B. Yudhoyono (SBY); Itu jokenya Gus Dur yg super mahir-high level; nah.. saya coba berimajinasi berdialog secara imajiner dgn Gus Dur); nih jokenya :

Saya : ” Wah Pak Kyai belum tahu ya… Presiden Indonesia yg ke – lima dan seterusnya juga pada gila…!!

saya membayangkan Gus Dur berkata seperti ini :                                                               

” Dimana gilanya nak…lebih lucu dari saya nggak ?

saya jawab :

” Lihat saja Pak Kyai yg terhormat ;Presiden Indonesia Kelima – Ibu Megawati .. itu gila Kemerdekaan terus, coba saja setiap pidato selalu bilang …Merdeka..Merdeka !!!  Nah..ini dia yg paling lucu…
Presiden Indonesia yg ke lima dan ke enam yaitu Bapak SBY juga gila ;

“GILAAA…LAMBAN AMAT  berantas korupsi…!!!”

saya membayangkan lagi Gus Dur akan menjawab:                                                  ”

“HAA…HAA… HAA…….  ITU KURANG LUCU NAK….!!

( Tribute to Sondang Hutagalung, mahasiswa Universitas Bung Karno (UBKyang membakar diri di depan Istana Negara: Selamat jalan kawan ; Selamat jalan Pahlawan !!! )

peace . . .

ganzzss (aghani)



%d blogger menyukai ini: