Hope Hope..on The Wall..Where are You YoungPeople?

Hiruk-pikuk negeriku…

Lihat di TV tentang situasi Indonesia..macam-macam persoalan;

Ekonomi, Politik, Agama, Kesehatan, Kesejahteraan, terlebih Korupsi dan Ketidakadilan..orang-orang jadi mudah marah ya..yang protes..yg menangis..yg digebukin..ada yg gantung diri..yg berdebat..yg ditabrak..yg dibunuh..yg dicekal..yg divonis..yg digusur..yg dibakar..kena bencana..iihh ngeri-ngeri..!!

Sungguh, jangan lagi ada yg mati di negeri ini sia-sia..karena: memang Kematian bukanlah sebuah Tragedi, tetapi Kematian menjadi sebuah tragedi atas apa yang menyebabkannya.

Tapi dibalik itu tetap ada tayangan entertainment..yang maunya menghibur…yg mencoba melucu..yg ngocol..yg ngegosip..yg ceramah?..yg nyanyi-nyanyi..yg ngelawak..yg tertawa-tawa..yg jingkrak-jingkrak..yg memasak..yg olahraga..yg sinetron, drama, film dll dll

Pendek kata Bla..bla..bla..cape dech!

Tapi, memang realitas hidup seperti itu ya, dari jaman doeloe kala juga manusia memang seperti itu kali ya, bahkan di kitab suci Al-Quran dalam suatu ayat tentang penciptaan manusia pertama Adam, Iblis /Syetan pun tahu kedepannya ttg karakter umat manusia yg diciptakan Tuhan bakal bersifat merusak. Namun Tuhan berkata lain karena memang Dia yg absolute Kehendaknya. Wallahu Alam..hanya Tuhan yg tahu sebenar-benarnya rencana..

Dipikir-pikir..tiap abad tiap jaman umat manusia melewati berbagai persoalan hidupnya sama seperti sekarang ini…pembunuhan..perebutan kekuasaan..dll. Hidup di dunia tidak pernah ada yg ideal 1000% tercipta kedamaian atau 1000% kesejahteraan dan keadilan, he..he..lalu dimana ujungnya? Berabad-abad bahkan berjuta-juta tahun kedepan juga pastilah demikian. Pembunuhan tetap ada, ketiadakadilan tetap ada, kata lain kejahatan juga tidak akan punah..alias lestari..tapi jangan pesimis karena sisi kebaikanpun tetap lestari.Intinya seperti sisi kebaikan dan kejahatan..good and evil..bergandeng lestari dari awal jaman sampai ke akhir jaman.

Bukan untuk menceramahi kawan..ini hanya mengajak kesadaran kita tinggal memposisikan diri berperan di sisi mana dan dimana. Kata Penyair Rendra: Kesadaran adalah matahari..dan Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata..Tapi, He..he..ya jelas dong kayaknya maunya pasti dipihak yg baik..in The Good side..not a Evil side.

Ok..kembali pada situasi negara kita, asli..akhir-akhir ini jadi cape dicekam oleh rasa ketidakadilan dimana-mana, terutama soal kasus hukum; yg kecil aja pengadilan tak mampu berbuat adil apalagi kasus yg besar? Sulit dipercaya negara kita sebenarnya dipimpin mereka-mereka yg sekolahnya tinggi-tinggi-tapi aduh ribetnya minta ampun ngatasi soal kesejahteraaan saja; contoh kecil-saja, kita tahu Pasal 34 UUD 45 pasal 1 menyebutkan: “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.” Apa kenyataaannya begitu? Sebagian aplikasi mungkin ia, tapi kebanyakan belum tuch…logika sehat kita; hapalan UUD 45 yg ditanamkan dari sejak SD itu jadi sakit ; wong tiap hari lewat di jalan banyak yg berkeliaran nggak keurus-jangan kata dikota kecil-di Jakarta aja masih banyak tuch …Hallooo…Hallooo…Negara Dimana? Presiden? Aduh jangan tanya yg satu ini..paling-paling bikin rapat,satgas, tim dll.. Ah…sudahlah jadi kesal..

Dimana Reformasi? Ngumpet dimana ya..dimana itu kaum Reformis, Aktifis, Kaum muda, The Brave Youngpeople? Are you afraid to fight ? Jangan-jangan lagi main di mall, nyari gadget baru yg lagi ngetrend, atau nyiapin gebukin anak sekolah lain, atau mikirin jadi pegawai yg asik gajinya buat nyicil motor atau mobil, atau asik jingkrak dugem musik dj aduhai,  atau asik nyabu ha..ha..hi..hihi..terus nyupir mobil buat cari sasaran tabrak! Aduh..jangan sampe dech ngikutin Gayus, Nazarudin, yg usia mudanya merangkap berkarier jadi koruptor..ato kayak Apriyani yg pake narkoba terus nyupir berakhir tragis nggak bisa bedain mana orang mana halte..kasihan..sungguh prihatin..Tapi, ada juga kok yg positif; juara olimpiade, juara itu juara ini.

REVOLUSI? Wataaaaawww…Where are You Young People? boro-boro mo mikir REVOLUSI, Reformasi aja lupa kayaknya tuch..

Ok, foto diatas buat mengingatkan aja..hebatnya kaum muda (he..he..padahal wktu itu aku baru berumur berapa bulan) ttg peristiwa reformasi 1998 yg jelas-jelas digawangi kaum muda.

Mending nyanyi sebentar ah..sambung menyambung; pertama jadi inget lirik lagunya Kang Harry Rusli/almarhum (ada yg tahu? atau nggak tahu?…aduh..):

“Indonesia Tanah Airku…Tanah Beli.. Air juga Beli…Negeri ini katanya negeri hukum…kok sayangnya rakyat kecil yg slalu di hukum..ini salah siapa..ini dosa siapa..tanyakan pada Pak….”

disambung lagunya Bondan P : “Ya sudahlah…”

terus lewat Syahrini dengan jambulnya nyanyi: ” Kamu memang sesuatu…”

Denny Cagur jawab : “Kok Tahu?

langsung dijawab Sule : Nyeri-nyeri-nyeri moal bisa diubaran…” (ini bhs.sunda yg artinya: Sakit-sakit-sakit nggak akan bisa diobati..)

Pada akhirnya, jadi inget juga ya Kata-kata dari JFK (presiden Amrik sana; tp ini bukan nyanyian):

“Jangan tanya apa yg negara telah berikan padamu, namun tanyalah apa yg telah engkau berikan pada negaramu”

saya bilang: “Jangan tanya kepada negara, karena negara tidak ada…”

Akhir cerita, lewat Si Anonymus dengan verbalnya dgn gaya anak SD (he..he..kayaknya Menkominfo kenal betul ini org;mungkin dianggapnya situs porno) langsung berpuisi :

“Mau Kemana Wahai Engkau Ibu Pertiwi…Kemana..Kemana?

Menuju Pulau Harapan yg lebih baik ?

Ananda Ikut Wahai Ibu..tapi…,

Tolong Jangan bawa kami Terbang dengan Pilot yg pakai Shabu-Shabu…!”

Sudah ah…jadi garing.

Sampe segitunya ya, nggak lah..itukan cuma bahasa simbolik. Anggap aja Stand Up Writer he.he..maunya sih Stand Up Comedian tapi kayaknya nggak ada bakat tuch…

Ok, kawan..sudahlah..selamat berjuang atas hidupmu di negara tercinta ini.

So.. Keep the goodside!

peace…

ganz

About aghani

seorang penduduk indonesia, masih muda so pasti, menyukai hal-hal yg kreatif, musik owl city, game, dan hal-hal lain yg menyenangkan. whatever...think creative, be cool, fun & smart ! peace..for the better world!! Lihat semua pos milik aghani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: