Monthly Archives: Februari 2012

Valentine’s Day untuk setiap orang…??

Apakah Valentine’s Day bermakna sesuatu bagi setiap orang? Maksud saya soal peduli dan tidak peduli atau terlibat dan tak terlibat , memperingatinya atau tidak..atau malah ada yg tidak tahu..karena toh ini hanya sebuah budaya impor dunia barat sana yg mengglobal mewabah..dll..dll

Ha..ha..tentunya ada yg ia dan tidak, ada yg setuju dan tidak, pro-kontra wajar.. karena  tentunya kita setuju persoalan kasih sayang tidak hanya dimaknai dengan satu hari peringatan itu dan yg pasti tidak sesempit melihat hanya di kasus melulu persoalan cinta-mencintai  dari pria ke wanita dan sebaliknya. Tapi..whatever..freemind..setiap org bebas memaknainya kok. Perlu digaris bawahi lagi; ini hanya sebuah budaya alias produk peradaban manusia yg setiap waktu bisa diolah dikembangkan, diadaptasi, dirubah dan sebagainya.

(Sebentar..ngomong-ngomong soal bulan Februari, kasian banget ya yg lahirnya tgl 29 Februari ulang tahunnya jadi 4 tahun sekali…kemana yg 3 tahunnya..hi..hi..tiap tahun yg nggak ada tgl 29nya jadi The Missinghuman alias Si orang yg hilang..bukan apa2 karena mungkin saja jumlahnya jutaan di seantero dunia yg lahir ditanggal itu..Waduh gimana ini, sy pikir cacat penanggalan lewat Masehi ini karena coba pake penanggalan Hijriah nggak akan tuh ada tiap tahun tgl yg hilang-Aneh penemu penanggalan ini, kebayangnya dulu cape2 ngitung meres otak lewat peredaran matahari..Eh..satu tanggal aja bisa hilang..wah jadi kemana-mana nih topiknya..ah nevermind ! because i care about it.)

Nyambung lagi, bebas-bebas aja kok memaknai Valentine’s Day ini; karena kita hidup di dunia yg mengglobal (mau ikut global atau nggak juga nggak apa2 kok, karena ini bukan persoalan ritual agama tertentu yg bersumber dari wahyu Tuhan-bukan sesuatu yg private-nggak tahu juga kalau ada yg fanatik sih-tapi bagi saya pribadi; nggak lah netral aja alias biasa-biasa aja-terserah bagi siapa aja yg mau ikutan atau nggak itu urusan mereka)..ok?

Lalu..saya sedang membayangkan hal yang standar kita lakukan adalah berkirim-kirim pesan VD ke org yg katanya dianggap special bagi siapapun di dunia; pacar, teman, tetangga, saudara, istri, suami, anak, klien, kenalan, grup, dan lain-lain dll…

Namun, pernahkan kita melakukan pesan kasih sayang kepada selain itu?

Kepada alam kita; kepada rumput, tanaman, pohon, air, tanah, udara, langit, bumi, matahari , bulan ,bintang, bahkan pada hewan sekitar (selain hewan piaraan kesayangan kita; yg biaya ngurusnya aja mungkin lebih tinggi dibanding sumbangan kita ke mesjid, panti asuhan, anak yatim dll) , kepada semut, cicak, kecoa, tikus, nyamuk, atau malah kepada dunia lain/alam gaib dari bangsa jin (tentunya yg baik2 dan beriman)atau para malaikat? di sekitar kita. Kadang saya juga nggak Ngeh..- padahal Tuhan YME mengajarkan kasih sayang kepada keseluruhan alam semesta; org muslim bilang kita harus menjadi seorang khalifah yg bersifat Rahmatan lil Alamin-Rahmat bagi seluruh Alam. Bukan apa2; kita lupa pada udara yg kita hirup pada air yg kita minum, pada tanah yg kita pijak, bahkan pada semut atau kecoa yg kita bunuh dengan entengnya, pada rumput yg kita injak, pada udara yg kita kotori, pada air yg kita cemari sengaja atau tidak sengaja….

So….peace for All of them.

Lebih jauh dan lebih Agung dari itu, kapan kita berkasih sayang pada Tuhan kita ya.., bagi seorang muslim apakah cukup hanya dengan salat 5 waktu, zakat, puasa, sedekah dll, menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya sekedar menjalankan kewajiban? Coba aja pikir; kita selalu diajarkan untuk ibadah apapun untuk keselamatan kita; dan meminta pada Tuhan untuk keperluan kita! Katanya hidup mati kita untuk Tuhan; tapi dalam doa-doa kita selalu segalanya buat urusan keselamatan dan kelancaran hidup buat kita; lalu…Buat Tuhannya mana? Padahal Tuhan Maha Baik benar mengiming-imingi kita dengan Surga. Sungguh kita nggak benar-benar mengikuti teladan-teladan dari nabi-nabi kita yg bersusah-susah hidup prihatin dengan segala godaan, tantangan yg super susahnya; dan itu baru untuk TUHAN….sampai-sampai nggak peduli pada keselamatannnya dll..menjalani hidup yg sederhana walaupun kemewahan gampang didepan mata tinggal minta pada TUHAN…apalah mau dikata; dengan enaknya kita hidup berlomba lomba kaya-intinya demi kesenangan dan jaminan hidup nyaman di dunia…

Sungguh…kalau ingat pesan Nabi besar kita Muhammad SAW: Menjadi kaya tidak dilarang bagi umatnya…..Haa..haa…justru ini yg banyak diikuti umatnya dibanding meneladani hidup Nabi seutuhnya yg jelas-jelas tidak kaya alias sederhana (rumahnya aja kecil, punya baju cuma berapa) padahal kalau Beliau mau, gampang sekali tinggal meminta kepada Tuhan atau kepada sahabat-sahabatnya waktu itu; sungguh, tapi Beliau tidak!!

Apalagi…jika saya membayangkan; Kalau  jaman dahulu Nabi kita Muhammad SAW menjelang kematian menjemputnya, kekhawatiran yg dia ingat dan ucapkan adalah Ummati…Ummati…Ummati…(Umatku..umatku..umatku), bukan anaknya yg ia sebut, bukan rumahnya, bukan istrinya, bukan temannya, bukan bisnisnya dll….kayaknya jangan sampai kepada kita, saya atau siapapun pas ajal mau menjemput yg diingat dan dikatakan adalah..Gimana bisnisku nantinya, Si anak anu sdh punya rumah belum, Siapa yg ngurus Deposito, Aset anu gimana siapa yg ngurus dll dll….boro-boro mikir umat, mikir Nabinya aja lupa, apalagi mikir Tuhannya?? Mdh2an tidak seperti itu…

Eehh…jadi kemana-mana nih. Ok dech..mdh2an sedikitnya bisa bermanfaat.

peace….

ganz

Iklan

Bandung Tempo Doeloe : Foto-foto jadul euy!

Tulisan ini dibuat subuh, waktu menunjukkan pukul 3:55 wib dari sebuah kawasan perumahan padat penduduk di daerah Bandung Utara;

He..he..begitu tenang kota ini sewaktu subuh, kecuali mungkin di Pasar-pasar tradisional, jadi teringat punya foto-foto bandung jaman baheula alias tempo dulu; bukan apa2 sebelum pagi menjelang dan situasi jadi ramai dan macet seperti biasa, ini foto-foto buat mengenang tenangnya situasi kondisi aura kota Bandung jaman dulu, asik buat dilihat walaupun nggak pernah hidup dijaman itu…ya iya lahh…langsung aja cekidot beibeh…:

1). Gedung Sate, Bandung (tahun berapa ya; 1930 ?) sekarang jadi kantor pusat pemerintahan Gubernur/Provinsi Jawa Barat.

2). Gedung Savoy Homann (Thn? ); sekarang Hotel di jalan Asia Afrika, Bandung

3). Jalan Braga (thn?); sekarang tetap Jalan Braga, Bandung

4).Gedung Merdeka (thn?); sekarang masih gedung Merdeka/Asia Afrika berada di jalan Asia Afrika, Bandung.

5). Gedung Isola (thn?); sekarang ada di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), di jl. Setiabudi Bandung.

6). Gedung Station 1,2, Bandung (thn?); Station Kereta Bandung

7). Jalan Banceuy (thn?); sekarang Jl. Banceuy Bandung

8). Gedung Concordia (thn?)

9).Alun-alun Bandung(thn?)

10).ITB (Institut Teknologi Bandung)(thn?),  sekarang berada di Jl.Ganesha, Bandung.

11). Gereja St.Petrus (thn?)

12). Gedung SMAK Dago (thn?)

13). Gedung di Jalan Sabang? (thn?)

14). Jalan Ciliwung ?(thn?)

Begitu tenang ya, tapi sekarang 2012….ha haa jangan harap nggak ada macet; tiap tahun kendaraan baru semakin bertambah di jalanan, tapi kapasitas jalan lambat berkembang; ya iyalaaahhh macet….

Aneh juga ya, sebegitu bisa dan cepat orang2 beli kendaraan, yg motor atau mobil, bikin jalanan nambah, lambattt amaaaaaaat…perbaikan apa lagi…ditambah kualitas jalan…seringkali rusak dan berlubang euy…jelek benar kualitas jalan di Bandung ini…malah disekitar Gedung Sate pusat pemerintahan Jabar ada aja yg bolong-bolong…nggak ngerti kenapa bisa begitu… apa dana untuk jalan kurang ya…nggak ngerti ahh..klasik benar setiap pergantian entah gubernur atau walikota…nggak ngaruh tuh..emang perbaikan ada…tapii…waaauuuww…tiap tahun ada hujan juga cepat kali rusak lagi…Peradaban yg lambat, asli malu sebagai warga Bandung yg punya ITB, bikin jalan aja kayak gitu….jenis mobil udah kemana yg milyaran berkeliaran di jalanan; bangun jalan yg berkualitas aja nggak mampu. Eh..Ngomong-ngomong ada uang pajak ya..nggak tahu ah gelap.

Anyway…i always love Bandung euy! Keep Bandung Beautiful? Paling gampang bikin slogan emang….anak tk juga bisa..coba aja tuh di sekolah; Aku anak Sholeh!….tapi disuruh belajar susah…jawabnya “Ntar Bu kagok nih lagi lihat OVJ”…Watauuuw!!

Sudah ah…..wilujeng. Maafin ya kalo data2 fotonya kurang lengkap.

peace..

ganz


Hope Hope..on The Wall..Where are You YoungPeople?

Hiruk-pikuk negeriku…

Lihat di TV tentang situasi Indonesia..macam-macam persoalan;

Ekonomi, Politik, Agama, Kesehatan, Kesejahteraan, terlebih Korupsi dan Ketidakadilan..orang-orang jadi mudah marah ya..yang protes..yg menangis..yg digebukin..ada yg gantung diri..yg berdebat..yg ditabrak..yg dibunuh..yg dicekal..yg divonis..yg digusur..yg dibakar..kena bencana..iihh ngeri-ngeri..!!

Sungguh, jangan lagi ada yg mati di negeri ini sia-sia..karena: memang Kematian bukanlah sebuah Tragedi, tetapi Kematian menjadi sebuah tragedi atas apa yang menyebabkannya.

Tapi dibalik itu tetap ada tayangan entertainment..yang maunya menghibur…yg mencoba melucu..yg ngocol..yg ngegosip..yg ceramah?..yg nyanyi-nyanyi..yg ngelawak..yg tertawa-tawa..yg jingkrak-jingkrak..yg memasak..yg olahraga..yg sinetron, drama, film dll dll

Pendek kata Bla..bla..bla..cape dech!

Tapi, memang realitas hidup seperti itu ya, dari jaman doeloe kala juga manusia memang seperti itu kali ya, bahkan di kitab suci Al-Quran dalam suatu ayat tentang penciptaan manusia pertama Adam, Iblis /Syetan pun tahu kedepannya ttg karakter umat manusia yg diciptakan Tuhan bakal bersifat merusak. Namun Tuhan berkata lain karena memang Dia yg absolute Kehendaknya. Wallahu Alam..hanya Tuhan yg tahu sebenar-benarnya rencana..

Dipikir-pikir..tiap abad tiap jaman umat manusia melewati berbagai persoalan hidupnya sama seperti sekarang ini…pembunuhan..perebutan kekuasaan..dll. Hidup di dunia tidak pernah ada yg ideal 1000% tercipta kedamaian atau 1000% kesejahteraan dan keadilan, he..he..lalu dimana ujungnya? Berabad-abad bahkan berjuta-juta tahun kedepan juga pastilah demikian. Pembunuhan tetap ada, ketiadakadilan tetap ada, kata lain kejahatan juga tidak akan punah..alias lestari..tapi jangan pesimis karena sisi kebaikanpun tetap lestari.Intinya seperti sisi kebaikan dan kejahatan..good and evil..bergandeng lestari dari awal jaman sampai ke akhir jaman.

Bukan untuk menceramahi kawan..ini hanya mengajak kesadaran kita tinggal memposisikan diri berperan di sisi mana dan dimana. Kata Penyair Rendra: Kesadaran adalah matahari..dan Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata..Tapi, He..he..ya jelas dong kayaknya maunya pasti dipihak yg baik..in The Good side..not a Evil side.

Ok..kembali pada situasi negara kita, asli..akhir-akhir ini jadi cape dicekam oleh rasa ketidakadilan dimana-mana, terutama soal kasus hukum; yg kecil aja pengadilan tak mampu berbuat adil apalagi kasus yg besar? Sulit dipercaya negara kita sebenarnya dipimpin mereka-mereka yg sekolahnya tinggi-tinggi-tapi aduh ribetnya minta ampun ngatasi soal kesejahteraaan saja; contoh kecil-saja, kita tahu Pasal 34 UUD 45 pasal 1 menyebutkan: “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.” Apa kenyataaannya begitu? Sebagian aplikasi mungkin ia, tapi kebanyakan belum tuch…logika sehat kita; hapalan UUD 45 yg ditanamkan dari sejak SD itu jadi sakit ; wong tiap hari lewat di jalan banyak yg berkeliaran nggak keurus-jangan kata dikota kecil-di Jakarta aja masih banyak tuch …Hallooo…Hallooo…Negara Dimana? Presiden? Aduh jangan tanya yg satu ini..paling-paling bikin rapat,satgas, tim dll.. Ah…sudahlah jadi kesal..

Dimana Reformasi? Ngumpet dimana ya..dimana itu kaum Reformis, Aktifis, Kaum muda, The Brave Youngpeople? Are you afraid to fight ? Jangan-jangan lagi main di mall, nyari gadget baru yg lagi ngetrend, atau nyiapin gebukin anak sekolah lain, atau mikirin jadi pegawai yg asik gajinya buat nyicil motor atau mobil, atau asik jingkrak dugem musik dj aduhai,  atau asik nyabu ha..ha..hi..hihi..terus nyupir mobil buat cari sasaran tabrak! Aduh..jangan sampe dech ngikutin Gayus, Nazarudin, yg usia mudanya merangkap berkarier jadi koruptor..ato kayak Apriyani yg pake narkoba terus nyupir berakhir tragis nggak bisa bedain mana orang mana halte..kasihan..sungguh prihatin..Tapi, ada juga kok yg positif; juara olimpiade, juara itu juara ini.

REVOLUSI? Wataaaaawww…Where are You Young People? boro-boro mo mikir REVOLUSI, Reformasi aja lupa kayaknya tuch..

Ok, foto diatas buat mengingatkan aja..hebatnya kaum muda (he..he..padahal wktu itu aku baru berumur berapa bulan) ttg peristiwa reformasi 1998 yg jelas-jelas digawangi kaum muda.

Mending nyanyi sebentar ah..sambung menyambung; pertama jadi inget lirik lagunya Kang Harry Rusli/almarhum (ada yg tahu? atau nggak tahu?…aduh..):

“Indonesia Tanah Airku…Tanah Beli.. Air juga Beli…Negeri ini katanya negeri hukum…kok sayangnya rakyat kecil yg slalu di hukum..ini salah siapa..ini dosa siapa..tanyakan pada Pak….”

disambung lagunya Bondan P : “Ya sudahlah…”

terus lewat Syahrini dengan jambulnya nyanyi: ” Kamu memang sesuatu…”

Denny Cagur jawab : “Kok Tahu?

langsung dijawab Sule : Nyeri-nyeri-nyeri moal bisa diubaran…” (ini bhs.sunda yg artinya: Sakit-sakit-sakit nggak akan bisa diobati..)

Pada akhirnya, jadi inget juga ya Kata-kata dari JFK (presiden Amrik sana; tp ini bukan nyanyian):

“Jangan tanya apa yg negara telah berikan padamu, namun tanyalah apa yg telah engkau berikan pada negaramu”

saya bilang: “Jangan tanya kepada negara, karena negara tidak ada…”

Akhir cerita, lewat Si Anonymus dengan verbalnya dgn gaya anak SD (he..he..kayaknya Menkominfo kenal betul ini org;mungkin dianggapnya situs porno) langsung berpuisi :

“Mau Kemana Wahai Engkau Ibu Pertiwi…Kemana..Kemana?

Menuju Pulau Harapan yg lebih baik ?

Ananda Ikut Wahai Ibu..tapi…,

Tolong Jangan bawa kami Terbang dengan Pilot yg pakai Shabu-Shabu…!”

Sudah ah…jadi garing.

Sampe segitunya ya, nggak lah..itukan cuma bahasa simbolik. Anggap aja Stand Up Writer he.he..maunya sih Stand Up Comedian tapi kayaknya nggak ada bakat tuch…

Ok, kawan..sudahlah..selamat berjuang atas hidupmu di negara tercinta ini.

So.. Keep the goodside!

peace…

ganz


%d blogger menyukai ini: