Bandung Tempo Doeloe : Foto-foto jadul euy!

Tulisan ini dibuat subuh, waktu menunjukkan pukul 3:55 wib dari sebuah kawasan perumahan padat penduduk di daerah Bandung Utara;

He..he..begitu tenang kota ini sewaktu subuh, kecuali mungkin di Pasar-pasar tradisional, jadi teringat punya foto-foto bandung jaman baheula alias tempo dulu; bukan apa2 sebelum pagi menjelang dan situasi jadi ramai dan macet seperti biasa, ini foto-foto buat mengenang tenangnya situasi kondisi aura kota Bandung jaman dulu, asik buat dilihat walaupun nggak pernah hidup dijaman itu…ya iya lahh…langsung aja cekidot beibeh…:

1). Gedung Sate, Bandung (tahun berapa ya; 1930 ?) sekarang jadi kantor pusat pemerintahan Gubernur/Provinsi Jawa Barat.

2). Gedung Savoy Homann (Thn? ); sekarang Hotel di jalan Asia Afrika, Bandung

3). Jalan Braga (thn?); sekarang tetap Jalan Braga, Bandung

4).Gedung Merdeka (thn?); sekarang masih gedung Merdeka/Asia Afrika berada di jalan Asia Afrika, Bandung.

5). Gedung Isola (thn?); sekarang ada di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), di jl. Setiabudi Bandung.

6). Gedung Station 1,2, Bandung (thn?); Station Kereta Bandung

7). Jalan Banceuy (thn?); sekarang Jl. Banceuy Bandung

8). Gedung Concordia (thn?)

9).Alun-alun Bandung(thn?)

10).ITB (Institut Teknologi Bandung)(thn?),  sekarang berada di Jl.Ganesha, Bandung.

11). Gereja St.Petrus (thn?)

12). Gedung SMAK Dago (thn?)

13). Gedung di Jalan Sabang? (thn?)

14). Jalan Ciliwung ?(thn?)

Begitu tenang ya, tapi sekarang 2012….ha haa jangan harap nggak ada macet; tiap tahun kendaraan baru semakin bertambah di jalanan, tapi kapasitas jalan lambat berkembang; ya iyalaaahhh macet….

Aneh juga ya, sebegitu bisa dan cepat orang2 beli kendaraan, yg motor atau mobil, bikin jalanan nambah, lambattt amaaaaaaat…perbaikan apa lagi…ditambah kualitas jalan…seringkali rusak dan berlubang euy…jelek benar kualitas jalan di Bandung ini…malah disekitar Gedung Sate pusat pemerintahan Jabar ada aja yg bolong-bolong…nggak ngerti kenapa bisa begitu… apa dana untuk jalan kurang ya…nggak ngerti ahh..klasik benar setiap pergantian entah gubernur atau walikota…nggak ngaruh tuh..emang perbaikan ada…tapii…waaauuuww…tiap tahun ada hujan juga cepat kali rusak lagi…Peradaban yg lambat, asli malu sebagai warga Bandung yg punya ITB, bikin jalan aja kayak gitu….jenis mobil udah kemana yg milyaran berkeliaran di jalanan; bangun jalan yg berkualitas aja nggak mampu. Eh..Ngomong-ngomong ada uang pajak ya..nggak tahu ah gelap.

Anyway…i always love Bandung euy! Keep Bandung Beautiful? Paling gampang bikin slogan emang….anak tk juga bisa..coba aja tuh di sekolah; Aku anak Sholeh!….tapi disuruh belajar susah…jawabnya “Ntar Bu kagok nih lagi lihat OVJ”…Watauuuw!!

Sudah ah…..wilujeng. Maafin ya kalo data2 fotonya kurang lengkap.

peace..

ganz

About these ads

Tentang aghani

seorang penduduk indonesia, masih muda so pasti, menyukai hal-hal yg kreatif, musik owl city, game, dan hal-hal lain yg menyenangkan. whatever...think creative, be cool, fun & smart ! peace..for the better world!! Lihat semua tulisan milik aghani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: